Thursday 26 April 2012

HEALTHY DIET

Love of Fruits
(Sumber Gambar: Google)

Apa sih diet itu?
Kata diet memang cukup akrab di telinga kita, terutama kaum perempuan. Sebenarnya dalam ilmu kesehatan kata diet berarti nutrisi yang masuk dalam tubuh (intake). Namun menurut persepsi masyarakat justru sebaliknya. Diet seringkali dianggap sebagai perilaku mengurangi makan bagi orang yang ingin menurunkan berat badan atau bagi yang menderita penyakit tertentu. Nah kali ini kita akan membahas mengenai beberapa hal sederhana terkait diet yang biasa aku lakukan  untuk menjaga kesehatan ataupun menurunkan berat badan.

Banyak kalangan menganggap diet itu susah dan menyiksa, padahal menurut aku anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Berikut ini ada beberapa tips diet sehat yang bisa dilakukan setiap hari dan dijamin perut tetap kenyang tanpa kelaparan.
  1. Mengurangi asupan kalori dan lemak : Penumpukan lemak di tubuh sebenarnya dipicu oleh asupan kalori dan lemak yang melebihi kebutuhan. Saat ini sebagian besar makanan yang di pasaran mengandung kalori dan lemak yang tinggi, misalnya gorengan, cakefast food atau makanan ringan lainnya. Nah, bagi yang sedang diet atau menjaga kesehatan sebaiknya mengurangi makanan yang diolah dengan proses penggorengan. Misalnya bagi penyuka ayam goreng sebaiknya mengganti cara memasaknya dengan ditumis bersama bumbu atau dipanggang. Selain itu, hal penting lainnya adalah mengurangi makanan yang terlalu banyak mengalami proses pengolahan atau makanan cepat saji. Untuk memudahkan, kita dapat membuat jadwal pada hari apa atau tanggal berapa kita boleh makan fast food.
  2. Mengganti sumber karbohidrat : Sekali lagi diet bukan berarti tidak makan nasi atau sumber karbohidrat lainnya. Tetapi nasi putih yang notabene makanan pokok masyarakat Indonesia memiliki jumlah kalori yang tinggi (High Glikemic Index). Oleh karena itu, para ahli gizi menyarankan keanekaragaman pangan melalui penggantian nasi putih dengan kentang, nasi beras merah, ketela, mie, dan lainnya yang memiliki jumlah kalori yang lebih rendah walaupun kita mengkonsumsi dengan porsi yang sama. 
  3. Mengganti snack atau makanan ringan dengan buah : Snack atau camilan memang cukup sulit dihindari, dan itu memang wajar. Karena diantara waktu makan "besar" kita memang disarankan untuk menambah intake makanan lain sebagai selingan diantaranya yaitu makanan ringan. Namun bagi yang menjalankan diet sebaiknya mengganti makanan ringan dengan buah, jus atau smoothies. Camilan dengan bahan dasar buah segar akan mengenyangkan, sehingga selera untuk ngemil atau makan dengan porsi besar dapat berkurang. Selain itu, buah juga kaya akan vitamin dan serat yang baik untuk tubuh kita.
  4. Memperbanyak minum air putih : Banyak sekali produk minuman di pasaran dengan berbagai iklan yang menarik seolah-olah membuat kita sehat. Akan tetapi dari sekian banyak varian minuman, air putih tetap menjadi minuman paling baik bagi tubuh. Bagi yang sedang diet sebaiknya memang menghindari minuman yang mengandung gula. Jika ingin minum minuman manis, lebih baik membuat jus buah sendiri di rumah yang tentunya tanpa gula.
  5. Olahraga  : Jika pola makan sudah sesuai dengan kebutuhan tubuh kemungkinan besar berat badan akan proporsional. Untuk menjaga agar tubuh tetap bugar atau ingin membakar lemak, disarankan untuk melakukan aktifitas fisik setiap harinya.
Kelima hal tersebut tampak sederhana, namun akan berat dilakukan tanpa adanya komitmen dan kemauan yang keras dari diri sendiri. So, selamat mencoba ladies.

CARA MENJADI MEMBER THE BODY SHOP INDONESIA (LOVE YOUR BODY CLUB)

Welcome Book dan Member Card The Body Shop Indonesia (Sumber Gambar: Martha Juita) Hey ladies . Mungkin beberapa dari kalian yang ...