Tuesday 7 April 2015

WORLD HEALTH DAY 2015 #SafeFood

From Farm to Plate, Make Food Safe! #SafeFood
(Sumber Gambar: WHO)

World Health Day atau dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai Hari Kesehatan Sedunia diperingati serentak pada tanggal 7 April setiap tahunnya. Tahun 2015  World Health Organization (WHO) mengusung isu keamanan pangan atau food safety dengan tagline "from farm to plate, make food safe" dan hashtag #SafeFood.

Keamanan pangan diangkat menjadi isu tahun ini karena berdasarkan data WHO penyakit yang ditularkan melalui air (waterborn disease) dan penyakit yang ditularkan melalui makanan (foodborn disease) masih menyebabkan kematian sekitar 2 juta orang di seluruh dunia setiap tahunnya, termasuk didalamnya adalah anak-anak. Hal ini dikarenakan tercemarnya makanan oleh bakteri berbahaya, virus, parasit, jamur dan bahan kimia yang dapat menyebabkan lebih dari 200 penyakit mulai dari diare hingga kanker (WHO, 2015).

Salah satu makanan tidak aman yang paling sering menjadi sumber infeksi bakteri Salmonella pada manusia yaitu telur. 

Sumber Gambar: WHO

Sebagai manusia tentu kita memiliki tanggung jawab untuk menjaga kesehatan dan mencegah terjadinya penyakit, termasuk mendukung kegiatan keamanan pangan yang dapat dimulai dari diri sendiri. Ada beberapa tips untuk bijak memilih dan mengolah telur yang dapat dilakukan sebagai konsumen seperti berikut ini:
  1. Ketika membeli telur pastikan kita memilih telur yang segar, bersih dan tidak retak.
  2. Mencuci tangan menggunakan sabun dengan benar sebelum dan sesudah memegang telur.
  3. Pastikan telur tersimpan dalam kulkas setelah dibeli.
  4. Memasak telur hingga matang sempurna sebelum dimakan.
  5. Tidak memakan telur yang disimpan dalam suhu ruangan lebih dari 2 jam setelah dimasak.
  6. Menggunakan telur yang telah dipasteurisasi jika ingin membuat mayonais atau olahan lain yang tidak memungkinkan untuk menggunakan telur yang matang sempurna.
Terakhir, yang terpenting adalah selalu menyimpan makanan yang mentah dan makanan yang matang secara terpisah untuk mencegah berpindahnya mikroorganisme jahat. So, let's make your food safe from farm to plate ladies

No comments:

Post a Comment

CARA MENJADI MEMBER THE BODY SHOP INDONESIA (LOVE YOUR BODY CLUB)

Welcome Book dan Member Card The Body Shop Indonesia (Sumber Gambar: Martha Juita) Hey ladies . Mungkin beberapa dari kalian yang ...